Cara Efektif Mengelola Pekerja Yang Melakukan Work From Home

Absensi Online - Saat ini pemerintah Indonesia sudah menetapkan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah untuk meminimalisir penularan virus Corona. Akan tetapi masih ada beberapa perusahaan yang kesulitan untuk mengelola atau memonitoring para pekerjanya yang bekerja dari rumah.

work from home
work from home

Berikut ini adalah beberapa cara yang efektif untuk mengelola atau memonitoring pekerja yang melakukan pekerjaannya dari rumah:

Tetapkan Target Kerja yang Jelas

Karena tidak adanya atasan yang mengawasi kinerja para karyawan, membuat hal tersebut dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Oleh karena hal itu, Anda harus menetapkan terget kerja untuk mereka agar mereka tidak bermalas-malasan dalam bekerja, meskipun mereka bekerja dari rumah.

Tetapkan target pekerjaan dan tenggat waktunya, baik itu harian maupun untuk jangka panjang, misalnya dalam hitungan minggu atau bulan. Namun yang harus dipastikan, sasaran atau target tersebut haruslah tetap realistis dan dapat diselesaikan, sehingga Anda dapat menilai kinerja karyawan dari dari hasil pekerjaan mereka.

Bangun Komunikasi yang Baik Dengan Karyawan Anda

Salah satu kunci keberhasilan dari bekerja jarak jauh atau dari rumah adalah komunikasi yang efektif untuk mengatasi kendala jarak para pekerja. Komunikasi yang tidak efektif akan berdampak pada sulitnya dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau hasil yang diingkan tidak akan tercapai.

Gunakan Aplikasi yang Tepat Untuk Menunjang Proses WFH

Bekerja dari rumah berarti lebih banyak menggunakan file digital yang mudah untuk ditransfer sebagai pengganti dokumen fisik. Yang artinya, setiap karyawan harus mempunyai laptop atau komputer serta koneksi internet untuk mendukung mereka melakukan pekerjaan mereka walaupun mereka bekerja dari rumah.

Karena hal itu lah, Anda membutuhkan aplikasi, tool, atau software untuk menunjang proses work form home ini, misalnya untuk menunjang komunikasi Anda bisa menggunakan aplikasi chatting, sedangkan untuk manajemen projek anda bisa menggunakan aplikasi online storage, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menunjang aktifitas work from home para karyawan Anda.

Sedangkan untuk urusan mengelola data absensi kehadiran karyawan Anda secara efektif dan efisien, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Absensi OnlineAplikasi Absensi Online ini sudah berbasis cloud yang dirancang untuk memudahkan pencatatan data absensi karyawan di berbagai lokasi tanpa perlu repot menggunakan perangkat manual lagi.

Dengan menggunakan teknologi pelacak lokasi (GPS), karyawan dapat melakukan proses absensi di tempat-tempat yang sudah disepakati, sehingga memudahkan karyawan yang bekerja dirumah untuk melakukan proses absensi dengan menggunakan Aplikasi Absensi Online yang sudah terinstall pada smartphone mereka. Anda juga dapat melihat langsung data kehadiran mereka melalui website ataupun pada Aplikasi Absensi Online.

Tidak hanya soal masalah absensi, Aplikasi Absensi Online juga dapat membantu dalam memantau jadwal kerja karyawan Anda yang tercatat di aplikasi serta memungkinkan Anda untuk mengukur kinerja karyawan yang memiliki mobilitas yang tinggi dengan lebih obyektif. Aplikasi ini juga mendukung sistem payroll yang memudahkan Anda dalam proses penggajian karyawan dan memudahkan karyawan untuk melakukan proses pengajuan izin serta cuti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan...