Tips Produktif Work From Home


Aplikasi Absensi Online - Sudah hampir 3 minggu berlalu sejak pemerintah Indonesia menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan social distancing dan physical distancing. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19 ini. Akibatnya banyak dari para pekerja yang harus melakukan work from home (WHF) atau bekerja dari rumah untuk menghindari bertambahnya orang yang terinfeksi virus Corona.

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online

Hal ini, tentunya megharuskan para pekerja untuk melakukan penyesuaian dan perubahan dalam melakukan aktivitas bekerja. Di mana, sebagian besar rutinitas mereka dilakukan di dalam rumah.

Transisi atau perubahan cara bekerja yang sangat mendadak tentunya akan sangat sulit untuk mereka lakukan. Tapi apa mau dikata, WFH ini dilakukan untuk menjaga serta memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. Meskipun sulit, kalian bisa mengikutin beberapa tips dibawah ini untuk menjaga agar anda tetap produktif dalam WFH atau bekerja dari rumah:

1. Tetap Wajib Bangun Pagi
Tips pertama agar kalian tetap produktif walau sedang WFH adalah menciptakan rutinitas di mana kalian tetap bangun pagi meskipun sedang menjalani masa WFH. Banyak penelitian yang sudah mengatakan bahwa ketika kalian bangun pagi, tubuh kalian akan merasa lebih siap untuk melakukan aktivitas dalam bekerja ataupun aktivitas yang lainnya. Jadi selalu usahakan untuk bangun pagi seperti biasa walaupun kalian sedang menjalankan WFH. 

Jika kalian bangun terlalu siang, tubuh kalian akan lebih cepat merasa lelah, kalian akan jadi lebih sulit untuk fokus dalam bekerja, dan yang terburuk adalah, kalian mungkin harus begadang untuk menyelesaikan pekerjaan kalian yang tertunda atau belum selesai pada hari itu. Jadi akan lebih baik jika kalian bangun pagi, goso gigi, mandi, sarapan dan mulai melakukan kegiatan WFH kalian.

2. Buat Rancangan Kegiatan Dan Lakukan Secara Konsisten
Membuat jadwal untuk melakukan pekerjaan bukan hanya berlaku di kantor atau di tempat kerja saja. Tapi juga berlaku dan sangat penting untuk dilakukan walaupun kalian bekerjanya dari rumah. Sebagai permulaan, atur waktu untuk istirahat yang cukup agar badan kalian tetap sehat dan vitu, jangan lupa untuk sarapan, mandi, dan ganti baju. 

Tentukan jam kerja kalian dan juga waktu istirahat untuk makan siang, seperti saat bekerja di kantor, lakukan hal tersebut secara konsisten. Hal ini akan membuat kalian tetap produktif dalam bekerja dan mengurangi resiko kemalasan dalam melakukan WFH.

3. Catat Tugas Atau Pekerjaan Harian Dan Mingguan Kalian
Tulis daftar pekerjaan harian atau mingguan yang kalian kerjakan selama WFH, ini sama seperti membuat laporan kerja di kantor. Hal tersebut akan membantu kalian dalam memberikan gambaran tentang tugas apa yang harus dilakukan atau diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kalian lebih bisa mempersiapkan diri dengan baik dan bisa menyelesaikan pekerjaan kalian dengan cepat.

4. Buat Atau Persiapkan Ruang Kerja Yang Senyaman Mungkin Untuk Kalian Bekerja
Hanya karena kalian tidak bekerja di kantor bukan berarti kalian tidak memiliki ruangan untuk bekerja di rumah. Jangan memilih tempat atau ruangan yang baisa kalian gunukan untuk bersantai atau bermalas-malasan, seperti sofa atau kamar tidur. Tapi sebaliknya, usahakan membuat ruangan yang terorganisir dan nyaman, yang dapat membantu kalian untuk meningkatkan fokus kerja, energi, dan rasa percaya diri kalian. 

Hal penting yang perlu kalian perhatikan saat membuat atau menciptakan ruang kerja kalian sendiri adalah,  pilihlah meja dan kursi yang sekira kalian itu nyaman untuk digunakan, lalu pilih tempat atau ruangan yang tenang atau jauh dari keramaian dan juga sejuk, hal itu berguna untuk meningkatkan rasa nyaman dan juga rilex saat kalian bekerja, dan yang terakhir adalah persiapkan alat-alat atau sarana yang dapat mendukung kalian untuk melakukan kegiatan WFH seperti komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet dan juga akses komunikasi yang lengkap agar kalian mudah menghubungi atau dihubungi oleh rekan kerja atau juga atasan kalian.

Tidak lupa juga untuk selalu membuat ruangan kerja kalian tetap bersih dan nyaman untuk ditempati. Studi menunjukkan bahwa menjaga ruang kerja tetap bersih dan rapi dapat membantu para pekerja bisa jadi lebih fokus dan produktif dalam bekerja.

5. Istirahat Yang Rutin
Meskipun kalian bekerja dari rumah, sangat penting bagi kalian untuk tetap bisa mendapatkan istirahat di sela-sela pekerjaan kalian. Cobalah untuk beristirahat selama 15 menit, setelah kalian mengerjakan cukup banyak tugas atau pekerjaan.

Cobalah untuk menjau dari layar monitor komputer/laptop atau juga layar smarthphone. Karena hal itu dapat menyebabkan sakit kepala atau rasa sakit yang berdenyut-denyut di kepala, serta masalah yang terkait dengan penglihatan. 

Bahnyak ahli yang mendukung pernyataan bahwa istirahat dapat secara signifikan meningkatkan tingkat produktivitas dan juga kemampuan seseorang untuk tetap dapat fokus. Yang terpenting jangan terlalu berlebihan untuk beristirahat, bisa-bisa kalian malah menelantarkan pekerjaan kalian jika kalian kebablasan dalam berisitrahat.

6. Makan Tepat Waktu Dan Makan Makanan Yang Sehat
Sangat penting bagi kalian untuk istirahat makan siang dengan makan-makanan yang sehat dan juga bergizi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, makan siang yang sehat adalah bentuk perawatan untuk diri sendiri, karena dapat memberikan energi yang cukup dan konsisten untuk bekerja. Tetap terhidrasi selama bekerja itu juga hal yang sangat penting. Siapkan segelas atau sebotol air minum di meja kerja kalian agar kalian tetap terhidrasi selama kalian bekerja.

7. Tetap Jaga Komunikasi Dengan Rekan Kerja Kalian Saat WFH
Selama masa WFH ini, menjaga hubungan sosial dengan berinteraksi dengan rekan atau teman kerja kalian sangat penting dan berguna untuk kesehatan mental kalian. Meskipun kalian tidak dapat menemui mereka secara langsung, kalian dapat mengirim pesan teks, panggilan telpon, atau video call kepada rekan kerja kalian. Hal itu berguna untuk menjaga komunikasi diantara kalian dan juga rekan kerja kalian.

Kurang lebih seperti itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada kalian, agar kalian tetap dapat produktif saat melakukan kegiatan WFH. Ingat selalu agar menjaga kesehatan dan juga kebersihan diri dan lingkungan, hindari kontak langsung dengan orang lain untuk sementara ini sampai wabah ini bisa dilewati. Bagi kalian yang bekerja sebagai tim HR, kalian juga bisa membaca artikel tentang “Akibat Virus Corona perusahaan wajib mempertimbangkan karyawannya kerja dari Rumah” untuk membantu kalian dalam memanajemen para pekerja WFH kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan...