Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form
Absensi dengan G-Form

Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan Google Form. Google Form saat ini sangat memudahkan pihak guru dalam memantau absensi para siswanya yang sedang melakukan kegiatan belajar daring atau jarak jauh. Melalui Google Form ini para guru dapat membuat absensi para siswanya dengan mudah dan juga gratis.

membuat absensi dengan G-Form
membuat absensi dengan G-Form

 

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang dapat rekan guru ikuti untuk membuat absensi siswa menggunakan bantuan Google Form.

Absensi Dengan Google Form


1. Buka browser Anda lalu kunjungi drive.google.com atau bisa juga langsung mengujungi https://www.google.com/forms/about/.

 

2. Lalu akan muncul halaman "Sign in”, silahkan rekan guru daftar atau login jika rekan guru sudah memiliki akun Google.


3. Setelah selesai login, rekan guru akan ditampilkan halaman Google Drive. Jika rekan guru belum pernah membuat folder baru sebelumnya, maka rekan guru harus terlebih dahulu membuat sebuah folder untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan absensi siswa.

 

4. Setelah rekan guru sudah selesai membuat foldernya, rekan guru bisa masuk kedalam folder yang baru dibuat tersebut untuk membuat file Google Form Absensinya.

 

5. Rekan guru bisa meletakan krusor ke area putih lalu klik kanan mouse. Setelah itu, akan muncul sebuah popup. Lalu klik opsi "Lainnya" dan pilih "Google Form".

 

6. Setelah itu, rekan guru akan masuk ke halaman Google Form.

 

7. Isi kolom "Formulir tanpa judul" untuk memberikan judul formulir tersebut, contohnya “From Absensi Siswa 8 September 2020”. Lalu rekan guru juga bisa mengisikan deskripsi form tersebut agar lebih jelas.

 

8. Ganti isi kolom pertama "Pertanyaan" dengan "Hari/Tanggal". Lalu ganti kolom pertanyaan di bawahnya dengan "Nama Guru". Pilih opsi "Jawab Singkat" dan klik "Wajib diisi".


9. Kemudian, rekan guru dapat meng-klik tanda plus di pojok kanan atas untuk menambahkan kolom pertanyaan baru.


10. Kemudian, ganti kolom pertanyaan baru tersebut dengan "Nama Siswa", lalu pilih opso "Jawaban singkat", lalu pilih "Petak kotak centang".

 

11. Setelah itu akan muncul baris dan kolom baru di bawah "Nama Siswa". Rekan guru bisa mengisi bari dengan nama para siswa dan kolong dengan keterangan kehadiran siswa.

 

12. Jika rekan guru sudah selesai mengisi semua nama siswa, silahkan rekan guru untuk scroll keatas lalu kemudian klik "Kirim"

 

13. Setelah mengklik “kirim” rekan guru akan ditampilkan sebuah halaman. Silahkan rekan guru cari icon atau gambar yang mirip seperti rantai.

 

14. Kemudia rekan guru dapat menyalin tautan yang muncul tersebut dengan meng-klik "Salin"

 

Selesai, Anda telah membuat absensi siswa dengan menggunakan Google Form, langkah berikutnya adalah Anda tinggal membagikan tautan tersebut ke para siswa Anda.

Lalu para siswa akan mengisikan absensi mereka sesuai dan ketika mereka sudah selesai mengisi absensinya. Anda dapat langsung melihat hasilnya dalam berupa file excel. Gimana, mudah bukan membuat absensi siswa menggunakan Google Form.

Akan tetapi meskipun mudah dibuat, absensi menggunakan Google Form ini dapat dicurangi oleh para siswa dengan mudah. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya rekan guru menggunakan aplikasi absensi digital sebagai solusi aplikasi absensi online yang tentunya sangat minim tingkat kecurangan dan tingkat akurasi absensinya dapat terjamin serta data absensinya dapat langsung dilihat secara langsung (real-time) oleh rekan-rekan guru sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan...