Absensi Untuk Karyawan

Aplikasi Absensi Online - Karyawan merupakan ujung tombak kesuksesan bagi suatu perusahaan. Perusahaan tidak akan mungkin dapat mencapai tujuan dan kesuksesannya tanpa adanya bantuan dari para karyawannya. Makanya agar perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan mudah, HRD perlu mengelola sumber daya manusia (SDM) yang ada dengan sebaik mungkin. Salah satu tantangan dalam pengelolaan SDM adalah memastikan karyawannya tercatat dalam absensi dengan menggunakan sistem atau aplikasi Absensi Online yang paling efektif. Demi menjaga kedisiplinan para karyawan agar tidak datang terlambat atau membolos , sebagian besar perusahaan pasti memasang dan menerapkan mesin absensi yang modern dan canggih untuk digunakan para karyawannya.

Pada zaman dulu, mungkin Anda sering menemui atau melihat mesin absensi manual yang menggunakan kertas absensi dan memasukannya ke mesin absensi. Namun saat ini mesin absensi tersebut sudah mulai ditinggalkan karena fungsinya yang kurang canggih dan sudah ketinggalan jaman. Dibwah ini ada beberapa penjelasan tentang berbagai macam sistem absensi karyawan yang paling banyak diminati atau dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.



Absensi Digital
Absensi Digital


Absensi Digital

Sistem absensi digital menggunakan kata sandi atau password yang diberikan kepada masing-masing karyawan disuatu perusahaan. Sebelum digunakan, semua karyawan harus terlebih dahulu didaftarkan ke dalam sistem, lalu mereka membuat password-nya sendiri. Setiap karyawan harus memasukkan password yang telah mereka buat dan telah didaftarkan sebelumnya pada alat absensi digital yang sudah dipasang oleh perusahaan. Proses absensi tersebut harus dilakukan oleh semua karyawan pada saat jam datang kerja maupun saat jam pulang kerja sebagai tanda bukti bahwa mereka telah hadir pada hari tersebut. Mesin absensi digital sudah dipakai sejak tahun 1970. Kekurangan dari sistem absensi digital ini adalah proses yang lama, karena karyawan harus memasukkan datanya terlebih dahulu agar mereka dapat melakukan absensi dan kemudian memasukkan password.



finger print
Fingerprint


Absensi Sidik Jari

Mesin absensi yang menggunakan sidik jari atau fingerprint sudah ada sejak tahun 1997. Mesin absensi ini menggunakan sidik jari pengguna atau karyawan untuk melakukan autentifikasi. Penemu mesin absen sidik jari ini telah menyadari bahwa semua sidik jari orang yang ada dunia ini unik dan berbeda antara orang yang satu dengan yang lain, bahkan orang yang kembar identik sekalipun sidik jarinya berbeda. Hanya dengan merekam sidik jari karyawan dan menyipan datanya, karyawan dapat melakukan absensi hanya dengan menempelkan jari yang telah disimpan datanya pada mesin absensi fingerprint saat tiba di kantor maupun saat pulang dari kantor. Penyimpanan data pada sistem absensi fingerprint ini cukup besar, bisa menampung data puluhan ribu karyawan. Pencatatan data kehadiran karyawan dengan mesin absensi fingerprint pun lebih akurat dan pemakaian sistem absensi ini sangat lebih mudah.

Akan tetapi, mesin absensi fingerprint ini pun memiliki kekurangan pada proses perekaman dan pendataan pada sidik jari karyawan. Mesin jenis ini lebih cenderung mengalami error atau mengalami proses yang sangat lambat, apalagi jika sidik jari yang sedang dideteksi kotor, basah, berkeringat atau sedang memakai plester.



App Absensi Online
App Absensi Online


Aplikasi Absensi Online

Absensi menggunakan aplikasi online ini tidak sama dengan beberapa mesin absensi yang ada di atas. Absensi dengan menggunakan aplikasi online jauh lebih praktis dan mudah, karyawan hanya perlu mendownload aplikasi Absensi Online melalui Play Store atau App Strore dan HRD hanya perlu mendaftarkan karyawannya lewat scan QR code dan menentukan jam kerja atau shift karyawan tersebut. Kelebihan menggunakan Aplikasi Absensi Online ini adalah, karyawan hanya perlu melakukan selfie di lingkungan kantor atau perusahaan untuk melakukan absensi masuk maupun absensi pulang. Selain itu aplikasi Absensi Online ini dilengkapi dengan keaman gps, sehingga karywan tidak dapat melakukan manipulasi posisi mereka dan ini dapat mengurangi karywan yang ingin melakukan tindakan membolos. Dan juga aplikasi ini dilengkapi dengan alaram notifikasi, sehingga setiap 1 menit sebelum jam masuk kantor aplikasi ini akan bergetar atau mengeluarkan nada untuk memberitahu karyawan untuk segera melakukan absensi jika mereka belum melakukannya.


Dan itulah beberapa macam sistem absensi karyawan yang paling banyak diminati dan dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan...