Fitur Pada Aplikasi Absensi Online

Aplikasi Absensi Online - Terdapat berbagai macam cara untuk melihat tingkat kedisiplinan karyawan. Salah satunya adalah dengan cara melihat tingkat kehadiran atau absensi selama karyawan tersebut bekerja di perusahaan. Absensi dari kehadiran karyawan merupakan salah satu acuan yang sangat tepat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap ketaatan karyawan terhadap peraturan perusahaan, khususnya tentang jam masuk kerja. Dengan aplikasi absensi kehadiran karyawan, perusahaan dapat melihat karyawan mana yang benar-benar semangat dan giat dalam bekerja dan mana karyawan yang tidak giat. Sampai saat ini, sudah ada banyak sekali metode sistem absensi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Mulai dari menggunakan absensi manual, absensi dengan menggunakan mesin ceklok, hingga model absensi menggunakan sidik jari.

Penggunaan sistem absensi manual sangat mudah untuk dimanipulasi oleh karyawan. Sehingga data absensi karyawan menjadi tidak akurat atau bisa juga salah. Selain itu, data absensi juga tidak bisa didapatkan secara real-time atau langsung. Maka dari itu, penggunaan aplikasi Absensi Online tentu saja akan lebih membantu perusahaan dalam hal yang berkaitan dengan absensi karyawannya. Apalagi biaya yang diperlukan tidak terlalu mahal dan tergolong sedikit, bahkan tidak memerlukan biaya perawatan yang berkala. Lalu fitur apa saja yang wajib ada pada sistem Aplikasi Absensi Online? Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa fitur Aplikasi Absensi Online :

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online

Kelebihan dari Sistem Aplikasi Absensi Online

  •  Lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak biaya perawatan. Sistem Aplikasi Absensi Online tidak membutuhkan alat lain untuk melakukan absen,  aplikasi Absensi Online hanya memerlukan smarthphone yang sudah terinstall Aplikasi Absensi Online. Perusahaan juga tidak perlu menyediakan server dengan ruang penyimpanan untuk menyimpan data absen karyawannya.
  • Sistem yang otomatis terintegrasi dengan smarthphone. Aplikasi Absensi Online sudah terintegrasi dengan data karyawan yang tersimpan di server cloud, sehingga perusahaan bisa mengecek data absensi secara real-time dan tidak perlu repot menginput data untuk setiap jenis pekerjaannya.
  • Data lebih akurat dan bisa didapat secara real-time. Berbeda dengan sistem absensi manual, sistem absensi secara online akan mencatat setiap kehadiran karyawan secara real-time, sehingga memudahkan dalam mendapatkan dan menerima data. Selain itu, perusahaan juga akan mudah untuk mengetahui siapa dan ada berapa orang yang tidak masuk kerja tepat pada waktunya.
  • Aplikasi Absensi Online lebih fleksibel dan memungkinkan absen di berbagai lokasi. Contohnya, jika perusahaan Anda memiliki banyak cabang yang tersebar atau mempekerjakan karyawan Anda di luar kantor yang tersebar di beberapa kota, maka penggunaan Aplikasi Absensi Online ini menjadi solusi terbaik. Dengan sistem ini, karyawan di berbagai kantor cabang akan jadi lebih mudah dalam melaporkan kehadirannya. Dan pada saat yang sama pula, perusahaan juga dapat memantau kapan karyawan melakukan absen masuk dan absen keluar, karyawan mana yang telat, serta karyawan mana yang tidak masuk.

Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi Absensi Online

1. Akses mudah melalui smartphone

Smartphone sekarang bukan hanya sekedar bagian dari gaya hidup modern, melainkan juga merupakan sebuah kebutuhan yang perlu dipenuhi demi kelancaran komunikasi baik bagi karyawan maupun perusahaan. Dengan menggunakan smartphone yang sudah terintall Aplikasi Absensi Online, kita bisa jadi lebih mudah untuk melakukan absensi.

2. Kemampuan geo-tagging

Beberapa perusahaan bisa saja tidak mewajibkan setiap karyawannya untuk hadir secara penuh pada hari kerja. Ada beberapa kondisi tertentu yang memungkinkan karyawannya tetap bekerja tanpa perlu hadir ke kantor secara langsung. Misalnya, jika ada karyawan tertentu yang diminta untuk mewakili perusahaannya untuk meeting di luar kantor atau melakukan perjalanan bisnis ke luar kota. Meskipun secara fisik karyawan tersebut tidak hadir dikantor tapi dia bisa tetap melakukan absensi masuk maupun pulang melalui Aplikasi Absensi Online.

3. Kemampuan melakukan absensi dengan foto selfi

Selain kemampuan geo-tagging yang memungkinkan perusahaan mengetahui lokasi dimana karyawannya, absensi secara online juga dapat dilakukan dengan cara mengirimkan foto selfi diri sendiri. Lokasi serta waktu pengambilan foto dapat diketahui secara otomatis oleh pihak perusahaan sehingga akan meminimalisir kemungkinan karyawan membolos.


Perkembangan teknologi internet memang telah menawarkan cara mengelola usaha secara lebih mudah dan efisien. Salah satunya adalah popularitas server cloud, yaitu sebuah teknologi penyimpanan data secara online yang mudah digunakan, murah, serta aman, dan menawarkan akses yang lebih fleksibel. Karena kelebihannya itu, server cloud menjadi andalan para Developer aplikasi digital. Saat ini, banyak para HRD dan finance dari berbagai perusahaan sudah meninggalkan sistem absensi yang lama maupun cara-cara manual yang memerlukan biaya besar dan kurang fleksibel. Mereka mulai beralih ke Aplikasi Absensi Online yang sudah serba otomatis, seperti  Absensi Online.

Absensi Online merupakan software HR dengan banyak fitur yang dapat memberi kemudahan dalam pencatatan kehadiran karyawan. Bukan hanya memudahkan dalam melakukan absensi karyawan, Absensi Online juga memungkinkan setiap karyawan untuk melakukan pengajuan cuti ataupun ijin secara online. Ayo pakai Absensi Online sekarang juga! Dengan Aplikasi Absensi Online, seluruh administrasi karyawan sudah bisa diselesaikan dengan mudah dan praktis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan...