Manfaat Absensi Online Untuk Perusahaan

Manfaat Absensi Online Adanya Absensi Online dilihat sebagai salah satu upaya untuk mengatasi berbagai macam tindak kekurangan dalam penggunaan daftar absensi secara manual. Aplikasi ini pun dinilai mempunyai banyak dampak positif lantaran mampu memaksimalkan kinerja dari karyawan perusahaan itu sendiri. Adapun beberapa manfaat lainnya yang bisa diperoleh jika menggunakan Absensi online ini.

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online

Rekapitulasi Data Jadi Lebih Mudah

Data absensi kehadiran serta keterlambatan karyawan perusahaan idealnya senantiasa direkap secara berkala. Jika perusahaan masih menggunakan pencatatan data absensi secara manual, maka proses rekapitulasi pun tentu akan memakan banyak waktu dan lama. Belum lagi jika ada oknum karyawan yang melakukan kecurangan sehingga informasi absensi menjadi tidak valid.

Maka dari itu, penggunaan Absensi Online ini membuat perusahaan tidak perlu repot-repot lagi untuk memindahkan data dari lembaran kertas dan menginputnya kedalam komputer. Hal tersebut karena Absensi Online ini pada umumnya telah terintegrasi dengan data-data lainnya dan bisa diakses secara real-time.

Setiap data absensi dari kehadiran maupun keterlambatan karyawan didesain sedemikian rupa agar dapat dibedakan dengan data-data lainnya seperti halnya data identitas dan jabatan karyawan itu sendiri. Dengan demikian bagian personalia itu sendiri tidak perlu lagi repot-repot membuang waktu untuk melakukan rekapitulasi data absensi karyawan.

Menghemat Biaya Pengadaan Perangkat Tambahan

Salah satu metode absensi yang sangat populer digunakan oleh banyak perusahaan sebagai sarana aplikasi absensi karyawan adalah fingerprint. Namun kelemahan dari sistem aplikasi fingerprint tersebut adalah perusahaan harus menyediakan anggaran khusus dalam pengadaan dan pemasangan perangkatnya.

Selain itu perusahaan juga memerlukan cadangan perangkat tersebut jika tiba-tiba saja perangkat yang sedang digunakan terjadi kerusakan. Dan juga perusahaan membutuhkan teknisi khusus untuk melakukan perbaikan serta pemeliharaan perangkat agar bisa tahan lama dan awet.

Maka dari itu, penggunaan Absensi Online ini tentunya lebih menghemat biaya pengeluaran. Karena Absensi Online ini hanya dengan bermodalkan komputer atau laptop  serta koneksi yang terhubung ke internet. Dengan begitu perusahaan dapat dengan mudah menjalankan absensi karyawan, , dan para karyawan pun dapat melakukan absensi hanya dengan perangkat smartphone yang mereka miliki.

Dapat dipantauan Secara Realtime

Keunggulan dari Absensi Online ini adalah kemampuannya untuk melakukan pemantauan data absensi secara realtime. Keunggulan itu tentunya akan sangat memudahkan pekerjaan bagian personalia.

Data kehadiran serta keterlambatan karyawan dapat dipantau setiap harinya tanpa perlu memindahkan data ke komputer atau pada perangkat lainnya. Proses sikronisasi data pun menjadi lebih mudah karena data sendiri akan tersimpan secara otomatis di sistem cloud.

 Perhitungan Jam Kerja Lebih Akurat

Keberadaan internet sendiri memungkinkan sinkronisasi jam pada tiap-tiap perangkat yang terhubung. Dengan kata lain, waktu yang ditampilkan pada smartphone karyawan serta perangkat laptop atau komputer kantor pun tentu akan sama.

Hal tersebut membuat waktu absensi yang tercatat dalam sistem menjadi lebih akurat dan menghindari tindak kecurangan. Tingkat akurasi dalam sistem absensi merupakan poin yang sangat penting dalam pengukuran kinerja dari karyawan perusahaan itu sendiri. Terlebih bagi perusahaan yang mempunyai kebijakan gaji yang berpedoman pada kehadiran serta keterlambatan karyawan.

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Manfaat Absensi Online yang terakhir adalah meningkatkan kinerja karyawan. Dengan menggunakan Absensi Online sendiri maka waktu yang akan digunakan untuk melakukan absensi di kantor dapat digunakan karyawan untuk melakukan kegiatan lain yang positif saat sedang bekerja. Dengan begitu, waktu mereka pun tidak akan terbuang sia-sia.

Itulah beberapa manfaat dari Absensi Online yang bisa didapatkan jika digunakan dalam sebuah perusahaan. Jika Anda tertarik menggunakan Absensi Online, maka Aplikasi Absensi Online merupakan salah satu aplikasi yang wajib untuk dicoba untuk menerapkan metode absensi secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Absensi Siswa Dengan Google Form

Absensi dengan G-Form Absensi Online - Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara membuat absensi siswa menggunakan...